Monday, December 31, 2018

Resume Pertama buku WHEN: Rahasia Ilmiah tentang Waktu yang Tepat (1)

Posted By: Bagus Supriadi - December 31, 2018

Share

& Comment


Catatan Awal dari Pendahuluan

“Waktu bukan hal yang utama, namun satu-satunya hal adalah waktu itu sendiri,” Miles Davis

Kata-kata itu akan terlihat pada lembaran pertama Buku  WHEN: Rahasia Ilmiah tentang Waktu yang tepat  yang ditulis oleh Daniel H. Pink. Buku yang menjelaskan waktu dengan sains. 

Di awal tahun 2019 ini, saya akan membacanya. Mulai hari ini. Mempelajari waktu. Menyusun waktu agar setahun yang akan datang bisa dipastikan lebih baik. Ini bagian dari resolusi saya. 



Get Married. Have a business and umroh. Ini dia bab pertama yang aku rangkum daria buku Daniel Pink yang aku beli di Gramedia pada 1 Januari 2019. Harganya Rp 88.800. Selain itu, aku juga membeli buku Think and grow rich karya Napoleon Hill. Buku sukses terlaris sepanjang masa. Terjual lebih 15 juta eksemplar di seluruh dunia.

Kemudian buku Get Smart! Karya Brian Tracy. 

PENDAHULUAN: KEPUTUSAN KAPTEN TURNER 

Daniel H. Pink mengawali pendahuluan buku ini dengan menulis cerita  perjalanan kapal Lusitania yang dipimpin oleh Kapten William Thomas Turner, salah satu pelaut paling berpengalaman yang berumur 58 tahun. 

Kapal  Lusitania sendiri merupakan salah satu kapal penumpang terbesar dan tercepat di dunia. Ia dilengkapi dengan telegraf nirkabel dan banyak kapal penyelamat . belajar dari tenggalamnya kapal Titanic
Sabtu, 1 Mei 1915, kapal pesiar ini berlabuh dari dermaga 54 di bagian Manhattan Sungai Hudson dan berangkat le Liverpool Inggris. Jumlah penumpang cukup banyak 1.959 orang. 

Saat itu, Inggris raya sedang berperang dengan Jerman. Perang dunia I pecah pada musim panas sebelumnya. Jerman baru menyatakan bahwa perairan yang berbatasan dengan kepulauan Britania, yang harus dilewati kapal ini adalah zona perang. 

6 Mei, Turner mendapat kabar bahwa kapal selam Jerman atau U Boat sedang berada di wilayah tersebut.
7 Mei, Komandan U Boat Jerman, Walther  Schwieger melihat kapal itu. Turner harus segera membuat keputusan. Ia meningkatkan kecepatan kapal agar terhindar  dari U Boat Jerman. 



Pukul 13.45, Turner melakukan manuver untuk menghindari torpedo U Boat Jerman. Sayang, pukul 14.10 Torpedo Jerman merobek bagian kanan kapal. Air masuk, para penumpang berteriak dan mencari selamat. Delapan menit setelah tertembak, kapal terguling dan tenggelam. 

1.200 orang meninggal . 121 dari 141 warga merika meninggal. Namun, kasus ini menjadi pertanyaan besar. Apakah keputusan Turner yang kurang benar. Atau permainan dari Inggris. Atau upaya untuk menarik AMerika Serikat adalam perang. Atau peran tersebut membawa mesiu dan lainnya. Semua diteliti dan tidak menemukan jawaban.
***
Kisah diatas bukan hanya tentang perang. Tapi juga tentang waktu. Waktu adalah segalanya. Buku ini tentang waktu dari pandangan sains. Kapan waktu tepat akan menikah, akan bekerja, akan berhenti bekerja dan lainnya. 



Mengelola waktu adalah sebuah seni. Banyak buku tentang how to, missal bagaiman menjadi sukses, bagaimana menjadi kaya dan lainnya. Namun ini adalah buku when to.  Buku panduan peretas waktu.
Mari kita baca rangkuman selanjutnya…

About Bagus Supriadi

Organic Theme. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © MERESAPI HARI

Designed by Templatezy