Wednesday, December 19, 2018

Automasi, Tantangan Revolusi Industri 4.0

Posted By: Bagus Supriadi - December 19, 2018

Share

& Comment




Hetifah Sjaifudian, wakil ketua Komisi X DPR RI, saat menjadi pembicara dalam seminar nasional pendidikan di Gedung Soetarjo Unej
Revolusi industri 4.0 membawa kemudahan bagi manusia melalui teknologi automasi. Bahkan, beberapa pekerjaan manusia sudah tergantikan oleh teknologi. Namun sisi lain, kemajuan ini juga menjadi tantangan  sendiri bagi manusia.


Tak bisa dibayangkan, bila semua pekerjaan manusia tergantikan oleh mesin. Bahkan untuk mencari petunjuk jalan saja, tak perlu bertanya. Cukup melihat google map, sudah diberi pentunjuk.  

“Tantangannya adalah masih kurangnya keterampilan yang memadai,” kata Hetifah Sjaifudian, wakil ketua Komisi X DPR RI, saat menjadi pembicara dalam seminar nasional pendidikan di Gedung Soetarjo Unej  (16/12).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh ikatan alumni FKIP Unej itu mengangkat tema “Peran Pendidikan dalam Membangun Generasi Emas Abad 21 dan Menghadapi Revolusi Industri 4.0”. “Sekarang tenaga manusia banyak digantikan oleh mesin,” tambahnya.

Bahkan, lanjut Hetifah, sekarang juga muncul kecerdasan buatan, yakni Artificial Intelligence yang mampu bekerja seperti otak manusia. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi manusia. Sebab, lapangan pekerjaan akan diganti oleh automasi mesin. 

Untuk itu, lanjut dia ,bekal keterampilan di abad 21 harus ditingkatkan. Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi hal penting untuk dibangun. Kemudian, peningkatan literasi dasar, mulai dari literasi baca, sains, teknologi dan lainnya. 

Kualitas karakter juga harus diperkuat, karaterk religius, tanggung jawab, mandiri. Memperkuat kompetensi, seperti piawai memecahkan masalah, berpikir kritis, kreatif dan komunikatif serta kolaboratif. “Selain itu juga networking,” tuturnya. 

Sementara itu, Lambang Subagio, wakil dekan FKIP Unmuh Kaltim yang menjadi pembicara kedua menambahkan, perkembangan zaman menuntut semua hal untuk berubah. Terutama di bidang pendidikan. “Guru harus lebih kreatif,” pungkasnya

About Bagus Supriadi

Organic Theme. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © MERESAPI HARI

Designed by Templatezy